Bahasa: Pengertian, Struktur, Kaidah, dan Contoh Teks Prosedur


Pengertian Teks Prosedur

Image result for teks prosedur

Teks prosedur merupakan teks yang berisi tentang langkah-langkah atau tahap-tahap untuk melakukan sesuatu hal baik melakukan suatu kegiatan tertentu maupun membuat sesuatu yang disajikan secara berurutan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) prosedur berarti tahap-tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas. Jadi, sebuah teks prosedur memberi tahu kita bagaimana sesuatu dikerjakan melalui serangkaian langkah atau tindakan. Informasi dalam teks prosedur disajikan dengan urutan peristiwa yang logis.
Teks prosedur biasanya terdapat pada tulisan yang mengandung cara untuk melakukan langkah tertentu. Di dalam teks prosedur terdapat kata imperatif atau kata perintah untuk melakukan apa yang dibahas pada teks agar si pembaca melakukan apa yang diperintahkan pada isi teks tersebut.


Struktur Teks Prosedur
Dalam pembentukannya, teks prosedur memiliki tiga struktur diantaranya yaitu tujuan, material dan langkah-langkah.
·         Bagian tujuan
Bagian tujuan teks prosedur bisa berupa judul dan juga berisikan tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut atau hasil akhir yang akan dicapai jika kita melakukan tahapan pada teks prosedur tersebut (dapat berupa judul).
·         Bagian material
Bagian material teks prosedur berisi mengenai bahan, alat atau material yang dibutuhkan. Tapi tidak semua teks prosedur terdapat bagian ini. Pada umumnya penggunaan bagian material terdapat pada teks prosedur tentang pembuatan suatu hal seperti makanan dan sebagainya.
·         Bagian langkah-langkah
Bagian ini berisi mengenai langkah-langkah yang harus dilewati untuk mendapatkan hasil sesuai dengan tujuan teks prosedur. Pada bagian ini setiap langkah harus dilakukan dengan urut.


Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur
Seperti halnya jenis teks lain, teks prosedur memiliki kaidah kebahasaan sendiri. Kaidah kebahasaan tersebut yaitu:
a. Konjungsi temporal
Pada teks prosedur akan banyak ditemukan kata konjungsi temporal atau kata penghubung yang menyatakan waktu kegiatan yang hadir dan bersifat kronologis seperti selanjutnya, berikutnya, kemudian, lalu, dan setelah itu.
b. Kata kerja imperatif
Dalam teks prosedur juga akan banyak ditemukan kalimat imperatif atau kalimat perintah dan larangan yang harus ditaati dalam pelaksanaan teks prosedur.
c. Verba material dan tingkah laku
Verba material adalah sesuatu yang mengacu pada tindakan fisik seperti potong wortel, haluskan bumbu dan lain sebagainya. Sedangkan verba tingkah laku merupakan tindakan yang dilakukan dengan menggunakan ungkapan.
d. Partisipan manusia
Ini merupakan semua manusia yang ikut serta dalam teks prosedur tersebut.
e. Terdapat bilangan sebagai penanda urutan
Bilangan penanda adalah bilangan yang mengurutkan langkah-langkah pada tulisannya.
f. Terdapat kalimat interogatif atau kalimat berisikan pertanyaan.
Kalimat interogatif adalah kalimat yang berisi pertanyaan dan fungsinya untuk menanyakan kepada pembaca yang mengikuti langkah-langkah dalam tulisan misalnya, “Sudah belum ?”, “Apakah sudah dimasukan ?”, “Apakah sudah mengerti ?”, dan “Sudah paham ?”
g. Terdapat kalimat deklaratif atau kalimat berisikan pernyataan.
Kalimat deklaratif adalah kalimat yang berisi pernyataan yang fungsinya untuk memberikan informasi tentang suatu hal yang harus diketahui.


Teks Prosedur Cara Membuat Visa
Visa merupakan salah satu syarat wajib yang harus dimiliki oleh seseorang yang akan memasuki wilayah kedaulatan negara lain dalam suatu periode waktu dan tujuan tertentu. Visa diberikan oleh negara asal untuk digunakan pada negara tujuan.Dengan membuat visa, kita dapat memasuki negara lain, kecuali negara yang bebas visa dengan negara kita. Berikut adalah cara pengurusan visa yang harus dilakukan secara prosedural.
1.      Menyiapkan segala keperluan identitas beserta salinannya seperti paspor minimal masa berlaku enam bulan, KTP, SIM, Akta Lahir, Ijazah, dan dua lembar foto 4x6 cm yang terbaru.
2.      Kemudian Anda beli formulir permohonan yang sudah disediakan di loket kantor imigrasi. Isi dengan lengkap formulir tersebut sesuai dokumen yang Anda miliki. Anda juga bisa mengisi formulir pendaftaran secara online. Hampir semua kedutaan menyediakan formulir secara online yang bisa diunduh dari situs kedutaan masing-masing. Untuk  pembayarannya bisa  dilakukan di bank tertentu.
3.      Serahkan formulir dan syarat-syarat permohonan visa yang telah diisi ke loket pendaftaran dan ambil tanda terima, jadwal foto serta pengambilan sidik jari. Untuk pengambilan sidik jari dan jadwal foto bisa datang pada hari berikutnya. Untuk pendaftaran online, Anda bisa menjadwalkan wawancara di keduataan negara tujuan Anda dan menunggu konfirmasi visa dari pihak kedutaan.
4.      Apabila Anda sudah melakukan pemotretan dan mengambil sidik jari, maka Anda akan sampai pada tahap wawancara dengan menunjukkan dokumen asli.
5.      Setelah tahap wawancara selesai, langkah selanjutnya adalah membayar buku visa dan menandatangani buku visa serta minta informasi kapan jadwal pengambilan visa yang sudah selesai.
6.      Pada saat tanggal yang telah ditentukan, kita dapat datang kembali ke kantor imigrasi untuk mengambil visa yang telah jadi. Biasanya dalam waktu seminggu  visa baru Anda sudah selesai dan bisa diambil.

Comments

Popular posts from this blog

Agama : Karya Allah dalam Memperbaharui Kehidupan

Panduan: Tips Berkunjung ke Bali