Kimia : Senyawa Hidrokarbon

Hidrokarbon

hydrocarbon | chemical compound | Encyclopedia Britannica

Dari namanya, senyawa hidrokarbon adalah senyawa karbon yang hanya tersusun dari atom hidrogen dan atom karbon. Dalam kehidupan sehari-hari banyak kita temui senyawa hidrokarbon, misalnya minyak tanah, bensin, gas alam, plastik dan lain-lain.

Penggolongan hidrokarbon
Berdasarkan susunan atom karbon dalam molekulnya, senyawa karbon terbagi dalam 2 golongan besar, yaitu senyawa alifatik dan senyawa siklik. Senyawa hidrokarbon alifatik adalah senyawa karbon yang rantai C nya terbuka dan rantai C itu memungkinkan bercabang. Berdasarkan jumlah ikatannya, senyawa hidrokarbon alifatik terbagi menjadi senyawa alifatik jenuh dan tidak jenuh.

Senyawa alifatik jenuh adalah senyawa alifatik yang rantai C nya hanya berisi ikatan-ikatan tunggal saja. Golongan ini dinamakan alkana. Rumus umum senyawa alkana CnH2n+2
Senyawa alifatik tak jenuh adalah senyawa alifatik yang rantai C nya terdapat ikatan rangkap dua atau rangkap tiga. Jika memiliki rangkap dua dinamakan alkena dan memiliki rangkap tiga dinamakan alkuna. Rumus umum senyawa alkena CnH2n dan untuk rumus umum senyawa alkuna CnH(2n–2)

Structures assumed by hydrogen (H) and carbon (C) molecules in four common hydrocarbon compounds.

Senyawa hidrokarbon siklik adalah senyawa karbon yang rantai C nya melingkar dan lingkaran itu mungkin juga mengikat rantai samping. Golongan ini terbagi lagi menjadi senyawa alisiklik dan aromatik.
1.      Senyawa alisiklik yaitu senyawa karbon alifatik yang membentuk rantai tertutup.
2.      Senyawa aromatik yaitu senyawa karbon yang terdiri dari 6 atom C yang membentuk rantai benzena.

Setelah memahami tentang pengertian senyawa hidrokarbon, maka sebaiknya kalian juga membaca mengenai jenis-jenis senyawa hidrokarbon , yaitu:

Alkana
Alkana merupakan senyawa hidrokarbon dengan rantai tunggal (alifatik jenuh) dan memiliki rantai terbuka. Rumus umum alkana adalah CnH2n+2  dengan n=jumlah atom karbon C.

Sifat-Sifat Alkana
Senyawa nonpolar dan tidak larut dalam air. Semakin banyak rantai C, maka titik didihnya semakin meningkat. Alkana mudah mengalami reaksi subtitusi, dan bisa teroksidasi.

Kegunaan Alkana:
Sumber unsur hidrogen untuk bahan bakar bersih
Bahan bakar fosil
Pelarut senyawa nonpolar
Bahan baku industri
Reaksi kimia alkana  


Alkena
Alkena merupakan senyawa hidrokarbon dengan ikatan rangkap dua (alifatik tak jenuh). Senyawa dengan dua ikatan rangkap 2, disebut alkadiena. Senyawa dengan tiga ikatan rangkap 3 disebut alkatriena. Rumus umum alkena ialah : CnH2n dengan n=jumlah atom karbon C.

Kegunaan Alkena
Bahan utama dalam industri plastik, karet sintetik, dan polimer lainnya

Alkuna
Alkuna merupakan senyawa hidrokarbon dengan ikatan rangkap tiga (alifatik tak jenuh). Senyawa dengan dua ikatan rangkap 2 di sebut alkadiuna, sedangkan dengan 3 ikatan rangkap disebut alkenuna. Rumus umum Alkuna ialah CnH2n-2 dengan n=jumlah atom Karbon C


Kegunaan Alkuna
Mengelas Besi dan baja (asetilena/etuna)

Comments

Popular posts from this blog

Agama : Karya Allah dalam Memperbaharui Kehidupan

Bahasa: Pengertian, Struktur, Kaidah, dan Contoh Teks Prosedur

Panduan: Tips Berkunjung ke Bali